Selasa, 01 Februari 2011

askep NIDDM/ DM tipe II

BAB II
TINJAUAN KASUS

A. Konsep dasar
1. Pengertian
a. Pengertian NIDDM /DM Tipe II
Diabetes Melitus tipe II/ NIDDM adalah gangguan kronis yang ditandai dengan metabolisme karbohidrat dan lemak yang diakibatkan oleh kekurangan insulin atau secara relative kekurangan insulin. ( Susan, M.T, 1998 )
NIDDM ini terjadi pada usia matur atau pertengahan meskipun pada semua tahapan usia dapat terjadi. Disini factor lingkungan sangat berperan misalnya perubahan gaya hidup dalam mengkonsumsi makanan sedangkan aktivitas berkurang sehingga menyebabkan obesitas.
b. Pengertian Gangren
Gangren adalah sebagai nekrosis koagulativa, biasanya disebabkan oleh tidak adanya suplai darah, disertai pertumbuhan bakteri-bakteri suprafit.
Dengan demikian maka gangren timbul pada jaringan nekrotik yang terbuka terhadap bakteri yang hidup. Ini khususnya sering dijumpai pada ekstremitas. ( Sylvia A. 1993 : 23 )
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa gangrene NIDDM adalah kerusakan makro vaskuler kejaringan akibat penyakit NIDDM yang tidak terkontrol.

2. Anatomi Pankreas
a. Pengertian Pankreas
Pankreas adalah suatu alat tubuh yang agak panjang, strukturnya mirip dengan kelenjar ludah dan terletak retroperitoneal dalam abdomen bagian atas. Panjangnya +-15 cm mulai dari duodenum sampai limpa dan terdiri dari 3 bagian :
 Kepala pancreas yang paling lebar, terletak disebelah kanan rongga abdomen dan didalam lekukan duodenum yang paling praktis melingkarinya.
 Badan pancreas merupakan bagian utama pada organ itu, letaknya dibelakang lambung dan didepan vertebra lumbalis pertama.
 Ekor pancreas adalah bagian yang runcing disebelah kiri yang sebenarnya menyentuh limpa.
Pankreas mendapat darah dari arteri-arteri lien dan hepar dan dari arteri mesentrika superior, duktus permekulafikus bersatu dengan duktus koledukus dan masuk kedalam duodenum diampula vateri pancreas.
Pulau-pulau langerhans tersebar diseluruh pancreas dengan berat hanya 1-3% dari berat total dengan jumlah semuanya diperkirakan antara 100.000 sampai 2.500.000 yang terdiri dari 4 jenis sel yaitu :
 Sel-sel A ( Alfa ) jumlahnya sekitar 20-40 % yang mensekresi glukagon.
 Sel-sel B ( Beta ) jumlahnya sekitar 60-80 % yang mensekresi insulin.
 Sel-sel D ( Delta ) jumlahnya sekitar 1-15 % yang mensekresi somatostatin.
 Sel-sel F yang mensekresi poli peptida pancreas.













Pankreas memiliki 2 fungsi yaitu :
 Fungsi Eksokrin
Pankreas berfungsi untuk mensekresi enzim-enzim pencernaan melalui saluran ke duodenum.
 Fungsi Endokrin
Pankreas berfungsi untuk mengatur system melalui mekanisme pemgaturan gula darah antara lain hormone insulin, glukogen, somatostatin.
1) Insulin
Insulin adalah hormone yang dihasilkan oleh sel beta pancreas yang berfungsi dalam mentranspor glukosa melewati sel.
Pengaruhnya yang lain adalah mengubah permeabilitas membrane sel untuk mempermudah pemasukan glukosa, asam lemak bebas dan asam amino.
Insulin juga berperan sebagai katalisator untuk menstimulasi enzim-enzim dan proses kimia dalam memproduksi energi. Kekurangan ansulin akan menghambat transport glukosa, sehingga glukosa tidak bisa melewati membrane sel akibatnya glukosa banyak terdapat pada darah dan terjadi hiperglikemi. Akibat hiperglikemi maka osmolalitas plasma meningkat timbul osmotic diuretic sehingga terjadi poliuri, bila hal ini terus terjadi akan menimbulkan dehidrasi dan hipovolemi akibatnya timbul gejala polidipsi. Akibat lain dari glukosa yang tidak bisa melewati membrane sel.
2) Glukagon
Glukagon adalah suatu hormone yang disekresi olleh sel-sel dipulau langerhans. Prinsip kerja glukagon bersifat glukogenolitik, gliko genolisis dan lipolisis meningkatkan gula darah dengan merangsang saluran sekresi dalam sel-sel hati. Adenilar sukorase cenderung mengaktifkan pemecahan fasfalirase, oleh karena itu dapat mengakibatkan pemecahan glikogen, glukagon juga merangsang sekresi growth hormone, dan somatostatin pancreas.
3) Pengertian metabolisme
Metabolisme adalah merupakan bagian akhir dari penggunaan zat makanan dalam tubuh. Proses metabolisme meliputi semua perubahan secara kimia yang dialami nutrisi mulai dari absorbsi sampai dieksresikan oleh tubuh. ( Barbara KOzier, Fundamental of Nursing Consept and prosedur )
Reaksi insulin terhadap metabolisme dalam tubuh manusia terhadap karbohidrat, lipid dan protein adalah :
a. Metabolisme karbohidrat
Efek insulin atas metabolisme karbohidrat segera setelah banyak karbohidrat, glukosa yang diabsorbsi kedalam darah menyebabkan sekresi insulin yang cepat.
Sebaliknya insulin menyebabkan ambilan, penyimpanan dan penggunaan glukosa yang cepat oleh hampir semua jaringan tubuh, tetapi terutama oleh liper, otot dan jaringan lemak.
Mekanisme insulin menyebabkan ambilan dan penyimpanan glukosa didalam hati, meliputi beberapa langkah :
 Insulin yang menghambat fasforilase enzim yang menyebabkan glukogen hati dipecah menjadi glukosa.
 Insulin meningkatkan ambilan glukosa dari darah sel-sel hati, ini terjadi dengan meningkatkan aktivitas enzim glukokinase, yaitu enzim yang menywebabkan fasfarilase awal glukosa setelah berdifusi kedalam sel-sel hati, karena glukosa yang telah terfasforilase tidak dapat berdifusi kembali melalui membrane sel.
 Insulin juga meningkatkan aktivitas enzim yang meningkatkan sintesa glikagon.


b. Metabolisme lemak
Dalam metabolisme lemak insulin meningkatkan sintesa asam lemak, ini terjadi didalam sel hati dan kemudian asam lemak di transper keadifosa dan disimpan, sedangkan sebagian kecil disintesa didalam sel lemak itu sendiri, sedangkan factor yang menyebabkan peningkatan sintesa asam lemak didalam hati meliputi :
 Insulin menghambat kerja lipase yang sensitive hormone, karena ia merupakan enzim yang menyebabkan hidrolisis trigliserida didalam sel lemak sehingga pelepasan sel lemak kedalam yang bersinkronisasi terhambat.
 Insulin meningkatkan transper kedalam sel-sel lemak dan jalan yang sama seperti ia meningkatkan transport glukosa kedalam sel-sel otot. Sehingga bila insulin tak tersedia untuk meninggalkan masukan glukosa kedalam sel-sel lemak, maka penyimpanan sangat terhambat.
c. Metabolisme protein
Selama beberapa jam setelah makan bila tersedia zat-zat gizi dalam jumlah berlebihan didalam darah yang bersirkulasi, tak hanya karbohidrat dan lemak, tetapi protein juga disimpan didalam jaringan. Beberapa fakta yang diketahui adalah :
 Insulin menyebabkan transport aktif banyak asam amino kedalam sel-sel, jadi insulin bersama hormone pertumbuhan mempunyai kesanggupan meningkatkan ambilan asam amino kedalam sel-sel.
 Insulin langsung mempengaruhi ribosom untuk meningkatkan translasi messenger RNA. Jadi pembentukan protein baru.
 Dalam jangka lebih lama insulin juga meningkatkan kecepatan transkipsi DNA didalam nucleolus sel, jadi meningkatkan jumlah RNA.
 Insulin juga menghambat katabolisme protein, jadi menurunkan kecepayan pelepasan asam anino dari sel-sel terutama sel otot.
 Didalam sel hati, jumlah besar insulin menekan kecepatan glukoneogenesis dengan menurunkan aktivitas enzim yang meningkatkan glukoneogenesis. Karena zat yang terbanyak digunakan untuk sintesis glukosa dengan proses glukoneogenesis adalah asam amino plasma, maka supresi glukoneogenesis itu menghemat asam amino.
3. Anatomi Tulang Tibia
a. Tulang Tibia
Tulang adalah suatu jaringan yang membentuk yang menghasilakn sel-sel darah merah dan menyediakan mineral, partikel kalsium dan posfor. ( Tompson 1993 : 349 )
Sedangkan tulang tibia atau tulang kering merupakan kerangka utama dari tungkai bawah dan terletak medial dari fibula, tulang tibia terdiri dari :
• Ujung atas
Ujung atas akan memperlihatkan adanya kondil medial dan kondil lateral. Kondil-kondil ini merupakan bagian yang paling atas dan paling pinggir dari tulang. Permukaan superiornya memperlihatkan dua dataran permukaan persendian untuk femur dalam formasi sendi lutut. Permukaan permukaan tersebut halus dan diatas permukaannya yang datar terdapat tulang rawan semilunar ( setengah bulan ) yang membuat persendian lebih dalam untuk penerimaan kondil femur. KOndil lateral memperlihatkan posterior sebuah faset untuk persendian dengan kepala fibula pada sendi tibi fibular superior tuberkel dan tibia ada disebelah depan tepat dibawah kondil-kondil ini, bagian depan memberi kaitan kepada tendon patella yaitu tendon dari insersi otot ekstensor kwardisep. Bagian bawah dari tuberkel itu adalah subkutanus dan sewaktu berlutut menyangga berat badan.



4. Etiologi
Etiologi Diabetes Melitus belum ditemukan secara pasti karena disebabkan oleh berbagai factor.
Diabetes Melitus dapat dibagi kedalam 2 golongan besar, yaitu :
a. Faktor genetic
1. Kembar identik
2. Faktor genetic

b. Faktor non genetic
 Infeksi
 Nutrisi
 Stress
 Obat-obatan
 Penyakit endokrin ( hormone )
 Penyakit-penyakit pankreas
Selain hal tersebut diatas, penyebab Diabetes Melitus dapat digabungkan dari kedua kelompok yang keduanya memperkuat Diabetes mellitus.

5. Patofisiologi
Kelainan metabolic yang terjadi pada obesitas tampaknya berhubungan dengan besarnya lapisan lemak dan semua gangguan metabolic yaitu penambahan lapisan lemak yang dapat menjadi normal dengan pengurangan berat badan.
Obesitas lebih banyak menyebabkan NIDDM daripada IDDM sebagian penderita berusia 45 tahun dan sekitar 15 % pada awal diagnosa ditemukan dalam keadaan gemuk, tetapi kemudian akan mengalami penurunan berat badan.
Kegemukan merupakan keadaan dimana intake kalori berlebih dan sebagian besar membentuk lemak, sehingga terjadi defisiensi karbohidrat karena terjadi gangguan konvensi lemak pada membrane sel sehingga mengganggu transport glukosa dan menimbulkan kerusakan atau efek selular, yang kemudian menghambat metabolisme glukosa intrasel, gangguan tersebut terjadi pula pada membrane sel dimana terletak reseptor insulin bekerja, jika gangguan ini terjadi pada sel-sel pancreas maka akan terjadi hambatan atau penurunan kemampuan menghasilkan insulin sehingga terjadi defisiensi insulin.
Jika metabolisme terganggu maka daya tahan tubuh terhadap factor luar seperti infeksi, terutama adanya odeme gesekan dan tekanan menurun sehingga mudah terjadi luka atau gangguan integritas kulit bisa disebabkan oleh penumpukan sorbital, penumpukan sorbital mengakibatkan kerusakan dan perubahan fungsi syaraf sehingga terjadi penurunan sensasi seperti baal-baal atau kesemutan. Hal tersebut menyebabkan trauma, tidak terasa nyeri baik mekanis, termis atau kimiawi.
Defisiensi insulin menyebabkan terjadinya pemecahan lemak bebas dalam peredaran darah dan bila hati tidak bisa mengabsorbsi lemak bebas maka akan membentuk benda-benda keton. Selain itu dari pemecahan lemak dapat terjadi peningkatan BUN dan formasi glukosa baru. Formasi glukosa baru menyebabkan terjadinya hiperglikemi.
Defisiensi insulin menyebabkan pemecahan glikogen menjadi glukosa, sehingga terjadi hiperglikemi terjadi peningkatan viskositas darah keperifer kekurangan oksigen dan nutrisi, hal tersebut menyebabkan metabolisme terganggu. Hiperglikemi menyebabkan diuresis osmosis sehingga terjadi insufisiensi ginjal menimbulkan hiperosmolalitas berat dan terjadi dehidrasi intra selular. Selain itu diuresis osmotic dapat menyebabkan hipoksia jaringan tersebut dan bisa menimbulkan terjadinya koma. Kalau hiperglikeminya parah dan melebihi ambang ginjal bagi zat tersebut, maka terjadi glukosuria, glukosuria ini dapat mengakibatkan diuresis osmotic yang meningkatkan pengeluaran urine ( poliuria ) dan timbul rasa haus ( polidipsi ) karena glukosa hilang bersama urine. Maka pasien memderita keseimbangan kalori negative dan berat badan berkurang, rasa lapar yang semakin besar ( poliphagia ) mungkin akan timbul sebagai akibat kehilangan kalori. Klien lemah dan mengantuk. Infeksi saluran kemih paling sering penyebabnya adalah E. Coli dan streptokokus sedangkan jamur pathogen adalah kandida. Infeksi denagn jamur mungkin disebabkan oleh konsentrasi glukosa urine yang pekat. Neurogenik blader akibat neuropati menyebabkan sisa urine dalam kandung kemih yang merupakan penyebab infeksi, diperlukan kateterisasi dan menyebabkan gangguan pola eliminasi BAK.
Berkurangnya ambilan asam amino oleh sel meningkatkan glukoneogenesis sehingga terjadi hiperglikemi, therapy insulin yang tidak adekuat terhadap intake nutrisi menyebabkan peningkatan kerja insulin dengan mengikatkan dirinya pada reseptor-reseptor permukaan sel tertentu terjadi reaksi interseluler yang meningkatkan transport glukosa menembus membrane sel, hal ini menyebbakan terjadinya hipoglikemi. Peningkatan kadar glukosa darah akan mengakibatkan penumpukan sorbitol dan lemak pada tunika intima, sehingga pembuluh darah mengalami penyempitan. Jika hal ini terjadi maka suplai O2 dan nutrisi akan berkurang kejaringan dan terjadilah infark pada jaringan yang dituju, apabila mengenai pembuluh darah periper akan menimbulkan efek penurunan sensasi sehingga akan terjadi gangrene ekstremitas bila terjadi trauma.

6. Dampak Defisiensi Insulin terhadap system tubuh
Defisiensi insulin mempengaruhi metabolisme tubuh yang berdampak terhadap system tubuh yaitu :
a. Dampak terhadap fisik
1) Sistem endokrin
Defisiensi insulin menyebabkan kegagalan dalam pemasukan nutrisi kejaringan sehingga swell-sel kekurangan glukosa yang menimbulkan :
a. Sel kekurangan glukosa untuk proses metabolisme dan penurunan penggunaan dan aktivitas gluosa dalam sel akan merangsang pusat lapar
b. Penurunan penggunaan protein dan glukosa oleh jaringan sehingga menyebabkan penurunan berat badan
c. Pembongkaran lemak dan cadangan protein untuk memenuhi kebutuhan metabolisme proses ini menghasilkan benda-benda keton yang disebabkan hati yang tidak mampu menetralisir lemak. Penumpukan asam lemak ini akan mengiritasi memperoleh peningkatan sekresi asam lambung sehingga menimbulkan gangguan system ini berdampak terhadap gangguan kebutuhan nutrisi
2 ) Sistem Kardiovaskuler
Peningkatan kadar glukosa darah akan mengakibatkan penumpukan sorbitol dan lemak pada tunika intima sehingga pembuluh darah mengalami penyempitan. Jika hal ini terjadi maka suplai O2 dan nutrisi akan berkurang kejaringan dan terjadilah infark pada jaringan yang dituju, apabila mengenai pembuluh darah perifer akan menimbulkan efek penurunan sensasi sehingga akan terjadi gangrene ekstremitas bila terjadi trauma. Dan jika terjadi pada arteri jantung akan menyebabkan angina pectoris dan akut miokard imfark.
3 ) Sistem pencernaan
Defisiensi insulin menyebabkan kegagalan dalam pemasukan glukosa kejaringan sehingga sel-sel kekurangan glukosa. Proses kekurangan glukosa intra sel menimbulkan :
 Peningkatan penggunan protein dan glukogen oleh jaringan sehingga menyebabkan penurunan berat badan.
 Pembongkaran lemak dan cadangan protein untuk memenuhi kebutuhan metabolisme. Hal ini akan diperberat oleh peningkatan sekresi asam lambung sehingga menimbulkan perasaan mual, muntah.
 Peningkatan transport glukosa untuk proses metabolisme. Penurunan penggunaan dan aktivitas glukosa dalam sel akan merangsang pusat makan dibagian lateral hypothalamus, sehingga timbul peningkatan perasaan lapar ( poliphagi )
4 ) Sistem perkemihan
Kekurangan pemasukan glukosa kedalam sel menyebabkan peningkatan volume extra sel sehingga terjadi peningkatan osmolalitas sel yang akan merangsang hypothalamus untuk mengsekresikan ADH dan merangsang pusat haus di bagian lateral. Pada fase ini klien akan merasakan haus dan penurunan produksi urine sehingga volume cairan extra sel bertambah. Peningkatan volume cairan akan menyebabkan konsentrasi extra sel menurun sehingga cairan intra sel menurun. Penurunan volume intra sel merangsang volume reseptor diHipothalamus untuk menekan sekresi ADH sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah melebihi ambang ginjal. Diuresis osmotic akan mempercepat pengisian vesika urinaria sehingga merangsang keinginan berkemih ( poliuri ) dan kondisi ini bertambah pada mlam hari karena terjadi vasokonstriksi akibat penurunan suhu sehingga timbul nokturi. Selain itu gangguan system perkemihan juga terjadi akibat adanya kerusakan ginjal ( netropati ) hal ini disebabkan adanya penurunan perfusi kedaerah ginjal.
Gangguan ini dapat berdampak :
 Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit
 Gangguan pola eliminasi BAK
 Perubahan pola istirahat tidur
5 ) Sistem Muskuloskeletal
Defisiensi insulin menghambat transportasi glukosa kesel-sel dalam jaringan tubuh yang menyebabkan sel kelaparan dan terjadi peningkatan glukosa dalam darah menyebabkan hambatan dalam perfusi ke jaringan yang mengakibatkan jaringan kurang mendapat O2 dan nutrisi.
Penurunan transport glukosa kesel dan penurunan O2 dan nutrisi kesel menyebabkan sel kekurangan bahan untuk metabolisme sehingga energi yang dihasilkan berkurang yang berdampak timbulnya kelemahan. Selain itu defisiensi insulin menyebabkan penurunan jumlah sintesa glikogen dalam otot serta peningkatan metabolisme protein yang berguna untuk pertumbuhan sel-sel tubuh.
Dampak terhadap kebutuhan dasar manusia :
• Gangguan pemenuhan aktivitas
• Resiko terjadi kecelakaan


6 ) Sistem Integumen
Defisiensi insulin dapat berdampak pada integritas kulit yang bisa disebabkan oleh neuropati diabetes dan angiopati diabetes , angiopati diabetes akan menyebabkan peurunan sensasi sehingga pengontrolan terhadap trauma mekanis, termis dan kimia menurun, hal ini akan memudahkan terkena luka yang mengancam keutuhan kulit sedangkan teori yang lain mendasari kerusakan kulit adanya kerusakan membrane basalis yang terjadi akibat adanya penumpukan endapan lipoprotein sehingga menyebabkan kebocoran protein dan butir-butir darah.
Pertahanan dan perfusi jaringan menurun dengan akibat kulit mudah infeksi, luka sukar sembuh, mudah selulit gangrene. Dampaknya :
 Gangguan rasa nyaman nyeri dan gatal
 Gangguan integritas kulit
 Gangguan konsep diri
7 ) Sistem Persyarafan
Defisiensi insulin menumbulkan hambatan, pemasukan glukosa kedalam sel termasuk sel-sel syaraf, sehingga mengganggu proses metabolisme sel syaraf. Akibat kekurangan glukosa sebagai bahan metabolisme maka sel akan menggunakan cadangan protein. Hal ini mengakibatkan sel kekurangan protein, akan mempengaruhi pembentukan myelin yang berfungsi untuk menghantarkan impuls pada akson, selain itu akan menyebabkan kerusakan akson tidak dapat mengantarkan impuls dengan sempurna selain kekurangan protein, kegagalan metabolisme sel saraf dapat menyebabkan hambatan dalam konduksi saraf dan polarisasi membrane akibat penurunan ATP. Perubahan-perubahan diatas menyebabkan gangguan polineropatik perifer yang ditandai kurangnya sensasi apda ujung-ujung ekstremitas bawah.
Dampaknya :
 Potensial terjadi kecelakaan
 Resiko terjadi infeksi
8 ) Sistem Reproduksi
Defisiensi insulin dapat menyebabkan terjadinya impotensi pada laki-laki dan penurunan libido pada wanita. Hal ini disebabkan oleh adanya hambatan pengikatan ekstra diar pada gugus protein akibat kegagalan metabolisme protein. Pada wanita sering juga terdapat keluhan keputihan disebabkan infeksi kandida.
Dampaknya :
 Gangguan pemenuhan kebutuhan seksual
9 ) Sistem Pancaindra
Hiperglikemi akan mengakibatkan penumpukan kadar glukosa pada sel dan jaringan tertentu yang dapat mentranspor glikosa tanpa memerlukan insulin, glukosa yang berlebihan ini tidak bermetabolisme habis secara normal melalui glukolisis tetapi sebagian dengan pertolongan enzim aldose reduktase atau diubah menjadi sorbitol. Sorbitol akan bertumpuk dalam jaringan / sel tersebut, sehingga menyebabkan kerusakan dan perubahan fungsi. Teori ini mendasari kelainan diabetes mellitus pada mata dengan adanya retinopati, selain itu pada penderita DM bisa ditemukan adanya katarak, hal ini disebabkan pengendapan lipoprotein pada lensa mata, kelainan ini berdampak :
 Gangguan penurunan sensori ; penglihatan
 Resiko terhadap cedera
b. Dampak terhadap psikologis
Klien yang mengalami defisiensi yang kronik akan mempengaruhi psikologisnya, respon psikologis bervariasi tergantung koping yang dimiliki klien. Umumnya klien merasa bosan denagn program pengobatan yang lama serta harus menyesuaikan denagn pembatasan- pembatasan makanan yang diberikan.
c. Dampak terhadap social
Dari keterbatasan makanan, kelemahan tubuhnya dalam melaksanakan aktivitas dan penampilan keadaan tubuhnya pada klien dengan gangguan defisiensi ini akan mengakibatkan klien untuk menarik diri dan mengurangi interaksi social.
d. Dampak terhadap Spiritual
Pada klien yang mengalami DM akan merasa bosan pada program pengobatan dan pembatasan makanan yang diberikan serta ketidak berdayaan akibat kelemahan tubuhnya maka dapat mengakibatkan klien menjadi putus asa tidak semangat untuk hidup.


B. Konsep Asuhan Keperawatan
1. Pengkajian
Pengkajian adalah pemikiran dasar dari proses keperawatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi atau data tentang pasien, agar dapat mengidentifikasi, mengenali masalah-masalah kebutuhan kesehatan dan keperawatan pasien baik fisik, mental, social dan lingkungan ( Nasrul Efendi 1995 : 19 )
Langkah- langkah pengkajian meliputi :
a. Pengumpulan data
1 ) Identitas
a) Identitas klien yaitu :
Nama, umur, jenis kelamin, agama, pendidikan, pekerjaan, suku bangsa, status marital, nomor medrek, tanggal masuk RS dan alamat.
b) Identitas penanggung jawab
Nama, umur, jenis kelamin, agama, pendidikan, pekerjaan, hubungan dengan klien.
2) Riwayat kesehatan
a) Keluhan utama yang sering dirasakan pada klien dengan gangguan kebutuhan metabolisme akan didapatkan keluhan sering kencing, banyak minum, berat badan menurun, badan terasa lemah.
b. Riwayat kesehatan sekarang
Kaji tentang proses perjalanan penyakit sampai timbulnya keluhan, factor apa yang memperberat dan memperingan keluhan, kwalitas dari keluhan dan bagaimana cara klien menggambarkan apa yang dirasakan, daerah terasanya keluhan, semuanya digambarkan dengan PQRST.
c. Riwayat kesehatan dahulu
Kaji tentang penyakit-penyakit yang pernah dialami klien sebelumnya dengan penyakit keturunan serta kebiasaan gaya hidup, misalnya pola makan.
d. Riwayat kesehatan keluarga
Kaji apakah ada anggota keluarga yang menderita penyakit yang sama dengan klien

3) Pemeriksaan fisik
a. Sistem pencernaan
Pada umumnya respirasi normal kecuali bila terjadi ketoasidosis dan akan didapat irama nafas dalam, cepat dan berbau acetone
b. Sistem kardiovaskular
Pada kondisi tertentu dapat ditemukan riwayat hipertensi, terdapat luka pada kaki, penyembuhan lambat, perubahan tekanan darah, tachikardi, tekanan vena jugularis meningkat, terjadi atherosclerosis yang dapat terbentuk baik pembuluh darah besar maupun kecil.
c. Sistem pencernaan
Biasanya ditemukan perasaan mual, konstipasi, atau banyak makan karena merasa lapar, banyak minum karena penurunan berat badan.
d. Sistem perkemihan
Pada kondisi tertentu adanya perubahan pola BAK, perut tegang / adanya diare, urine pekat, urine keruh dan berbau aseton.
e. Sistem endokrin
Pada umumnya akan didapatkan perubahan pada bentuk muka ( moon face ) kelenjar tyroid membesar, cepat lelah, hasil laboratorium gula darah meningkat.
f. Sistem muskuloskeletal
Pada kondisi tertentu dapat ditemukan adanya rasa lemas, letih, kesulitan dalam pergerakan, kram otot, penurunan tonus otot yang mengakibatkan sulit melakukan aktivitas dan adanya luka pada kaki.
g. Sistem integumen
Akan didapatkan keluhan gatal-gatal, turgor menurun, lecet atau luka, warna kulit menjadi hitam, adanya penurunan suhu tubuh, kulit kering.
4 ) Data psikososial
Pengkajian perlu diarahkan pada tanggapan klien terhadap penyakitnya, apakah ada perasaan khawatir, cemas, takut juga konsep diri atau body image serta bagaimana sosialisasi dengan lingkungannya.
5 ) Data spiritual
Bagaimana pandangan klien atau keyakinan klien terhadap sakit / penyakit yang dideritanya diakitkan dengan kepercayaan agama yang dianut dan bagaiman a ketaatan klien untuk menjalankan kewajibannya pada agama selama sakit.
6 ) Pemeriksaan diagnostic
Pada penemuan data laboratorium akan didapatkan adanya :
 Gula darah meningkat 100-200 mg /dl
 Aseton plasma ( keton ) 1 : positif secara mencolok
 Asam lemak bebas : kadar lipid dan kolesterol mengalami peningkatan
 Elektrolit :
Natrium : mungkin normal, meningkat atau menurun
Kalium : normal atau peningkatan
Trombosit : hematokrit mungkin meningkat ( dehidrasi )
Ureum / kreatinin : meningkat / normal

2. Diagnosa keperawatan dan Rencana keperawatan
Diagnosa keperawatan adalah hasil kesimpulan berdasarkan data yang telah disimpulkan dengan respon klien terhadap masalah yang dihadapi.
Perencanaan adalah kegiatan yang direncanakan perawat dalam membantu klien memecahkan masalah yang dihadapinya. Dimana perencanaan terdiri dari tujuan, intervensi dan rasional.
Berikut ini beberapa diagnosa keperawatan yang mungkin muncul pada penderita dengan gangguan system endokrin berhubungan dengan defisiensi insulin.
a. Kekurangan volume cairan berhubungan dengan :
 Diuresis osmotik ( dari hiperglikemi )
 Kehilangan gastric berlebihan : diare, muntah
Tujuan
1 ) Jangka panjang : diharapkan hidrasi klien adekuat
2 ) Jangka pendek : diharapkan intake dan output seimbang
Kriteria evaluasi : hidrasi adekuat, dibuktikan oleh tanda vital stabil, nadi perifer dappat diraba, turgor kulit dan pengisian kapiler baik, haluan urine tepat secara individu dan kadar elektrolit dalam batas normal.

Intervensi Rasional
 Dapatkan riwayat klien orang terdekat sehubungan dengan lamanya / intensitas dari gejala seperti muntah, pengeluaran urine yang sangat berlebihan
 Pantau tanda-tanda vital, catat ada perubahan ortostatik
 Pantau pola nafas seperti adanya pernafasan kusmaul atau pernafasan yang berbau keton
 Frekwensi dan kwalitas pernafasan penggunaan otot Bantu pernafasan dan adanya periode apnoe dan munculnya sianosis
 Observasi suhu, warna kulit atau kelembabannya



 Kolaborasi therapy cairan sesuai dengan indikasi

 Pantau pemasukan dan catat berat jenis urine


 Catat hal-hal seperti mual, nyeri abdomen, muntah dan distensi lambung  Membantu dalam memperkirakan kekurangan volume total. Tanda dan gejala mungkin sudah ada pada beberapa waktu sebelumnya

 Hipovolemi dapat dimanifestasikan oleh hiotensi dan tachikardi
 Paru-paru mengeluarkan asam karbonat melalui pernafasan yang menghasilkan kompensasi alkalosis
 Koreksi hiperglikemi dan asidois akan menyebabkan pola dan frekwensi pernafasan mendekati normal

 Meskipun demam, menggigil dan diaporesis merupakan hal umum terjadinya infeksi, demam dengan kulit kemerahan, kering mungkin sebagai cerminan dari dehidrasi
 Tipe dan jumlah cairan tergantung pada derajat kekurangan caran dan respon pasien secara individual
 Memberikan perkiraan kebutuhan akan cairan pengganti fungsi ginjal dan keefektivan dan therapy yang diberikan
 Kekurangan cairan dan elektrolit mengubah motilitas lambung yang seringkali akan menimbulkan muntah dan secara potensial akan menimbulkan kekurangan cairan atau elektrolit

b. Perubahan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan :
 Ketidak cukupan insulin ( penurunan ambilan dan penggunaan glukosa oleh jaringan mengakibatkan peningakatan metabolisme protein / lemak.
 Penurunan masukan oral, anoreksia, mual munatah, lambung penuh, nyeri abdomen, perubahan kesadaran.
Tujuan :
1 ) Jangka panjang : kebutuhan nutrisi terpenuhi
2 ) Jangka pendek : Asupan nutrisi adekuat
Kriteria evaluasi : - mencerna jumlah kalori nutrisi yang tepat
- Nilai pemeriksaan laboratorium normal
- Menunjukkan tingkat energi biasanya

Intervensi Rasional
 Timbang BB setiap hari atau sesuai indikasi
 Tentkan program diet dan pola makan pasien dan bandingkan dengan yang dapat dihabiskan pasien
 Libatkan keluarga klien pada perencanaaan makan sesuai indikasi

 Observasi tanda-tanda hipoglikemi seperti perubahan tingkat kesadaran, kulit lembab atau dingin, denyut nadi cepat, lapar, peka rangsang



 Berikan therapy insulin secara teratur



 Pantau pemeriksaan laboratorium seperti : glukosa darah, aseton, pH dan HCO3
 Lakukan konsultasi dengan ahli gizi  Mengkaji pemasukan makanan yang adekuat
 Mengidentifikasi kekurangan dan penyimpanan dari kebutuhan therapeutic
 Memberikan informasi pada keluarga untuk memahami kebutuhan nutrisi klien
 Karena metabolisme karbohidrat mulai terjadi, gula darah akan berkurang Sangat bermanfaat dalam perhitungan dan penyesuaian diet untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sementara insulin tetap diberikan sehingga hipoglikemi dapat terjadi
 Insulin regular memiliki awitan cepat dan karenanya dengan cepat pula dapat membantu memisahkan glukosa kedalam sel.
 Gula darah akan menurun perlahan dengan penggantian cairan dan therapy insulin terkontrol
 Sangat bermanfaat dalam perhitungan dan penyesuian diet untuk memenuhi kebutuhsn nutrisi


c. Kelelahan berhubungan dengan
• Penurunana produksi energi metabulik
• Perubahan kimia darah, insupisiensi insulin
• Peningkanan kebutuhan energi ; status hipermetabolik infeksi

Tujuan
1) Jangka panjang : Klien lebih segar
2) Jangka pendek : Klien mampu memperlihatkan kemampuan untuk ikut serta dalam aktifitas
Kriteria evaluasi
• Mengungkapkan peningkatan energi
• Menunjukkan perbaikan kemampuan untuk berpartisipasi dalam aktifitas yang diinginkan

INTERVENSI RASIONAL
 Diskusikan dengan klien kebutuhan akan aktivitas buat jadwal perencanaan dengan klien dan identifikasikan aktivitas yang menimbulkan kelelahan
 Berikan aktivitras alternatif dengan periode istirahat yang cukup tanpa gangguan
 Pantau nadi, frekuensi peernapasan dan tekanan darah sebelum/sesudah melakukan aktifitas
 Diskusikan dengan cara menghemat kalori selama mandi, berpindah tampat dan sebagainya

 Tingkatkan partisipasi klien dalam melukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan yang dapat ditoleransi  Pendidikan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan tingkat aktifitas meskipun pasien mungkin sangat lemah
 Mencegah kelelahan yang berlebihan


 Mengidentifikasi tingkat aktivitas yang dapat ditoleransi secara fisiologis

 Klien akan lebih banyak melakukan kegiatan dengan penurunana kebutuhan akan energi pada setiap kegiatan
 Meningkatkan kepercayaaan diri yang positif sesauai dengan tingkat aktivitas yang dapat ditoleransi

d. Perubahan sensasi-perseptual (uraian) resiko tinggio terhadap
Perubahan kimia endogen ; ketidak seimbangan glukosa/insulin dan atau elektrolit

Tujuan
1) Jangka panjang : Kecelakaan pada klien dapat dihindari
2) Jangka pendek : Klien mampu mencapai tingkat/status mental biasa atau normal
Kriteria evaluasi ;
• Mempertahankan tingkat mental biasanya
• Mengenal dan mengkompensasika adanya kerusakan sensori

INTERVENSI RASIONAL
 Pantau tanda-tanda vital dan status mental


 Pelihara aktivitas nutrisi klien sekonsisten mungkin dorong unutkj melakukan sehari-hari sesuai kemampuannya
 Selidiki adanya keluhan parestesia nyeri atau kehilangan sensorik pada paha/kaki



 Lihat adanya ulkus, tempat-tempat tertekan denyut nadiperiter
 Berikan tempat tidur yang lembut, pelihara kehangatan kaki, tangan, hindari terpajan terhadap air panas atau dingin atau penggunaan bantalan/pemanas
 Bantu klien dalam ambulasi atau perubahan posisi
 Pantau nilai laboratorium seperti ; glukosa darah, osmolalitas darah, hemoglobin, ureum, kreatinin  Sebagai dasar untuk membandingkan temuan abnormal, seperti suhu yang meningkat dapat mempengaruhi fungsi mental
 Membantu memelihara klien tetap berhubungan dengan realitas dan mempertahankan orientasi pada lingkungan
 Neuropati perifer dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman yang berat, kelihangan sensasi sentuhan distorsi mempunyai resiko tinggi terhadap kerusakan kulit dan gangguan keseimbangan
 Meningklatkan rasa nyaman dan kemungkiana kulit karena panas
 Meningtkatkan rasa nyaman dan menurunkan kemungkinan kerusakan kulit karena panas


 Meningkatkan keamanan klien terutama kekika kesimbangan dipengaruhi
 Kesimbangan nilai laboratorium dapat menilai fungsi mental

e. Ketidak berdayaan berhubungan dengan
 Penyakit jangka panjang
 Ketergantungan pada orang lain

Tujuan
1) Jangka panjang : Klien mendemontrasikan kemajuan kearah penerimaan diri dalam situasi yang ada
2) Jangka pendek : Klien mampu mengungkapkan pernyataan positif tentang dirinya

Kriteria eavaluasi
• Mengalami putus asa
• Mengidentifikasikan cara-cara sehat untuk menghadapi perasaan
• Membantu dalam merencanakan perawatan sendiri dan secara mandiri mengambil tanggung jawab untuk aktivasi perawatan diri

INTERVENSI RASIONAL
 Anjurkan klien/keluarga untuk mengekpresikan perasaannya tentang perawatan di rumah sakit dan penyakitnya secara keseluruhan
 Akui normalitas dari perasaan



 Berikan kesempatan keluarga untuk mengekpresikan perhatiannya dan diskusikan cara meraka membantu sepenuhnya terhadap klien
 Tentukan tujuan/harapan dari klien atau keluarga


 Berikan dukungan kepada klien untuk berperan diri sendiri dan berikan umpan balik aktif dengan usaha yang dilakukan  Mengidentifikasi area perhatiannya cara memudahakan memecehkan masalah

 Pengenalan bahwa reaksi normal dapat membentu klien untuk memecahkan masalah dan mencari bantuan sesuai kebutuhan
 Menentukan perasaan terlibat dan memberikan kesempatan keluarga untuk membantu mencegah (kambuh penyakit) pada klien
 Harapan yang tidak realitis atau adanya dari orang lain atau diri sendiri dapat mengakibatkan perasaaan frustasi
 Meningakatkan perasaan kontrol terhadap situasi

f. Resiko tinggi terhadap penatalaksanaan pemeliharaan di rumah berhubungan dengan
 Kurangnya pengetahuan tantang kondisi dan penetalaksanaan terapeutik
 Sistem pendukung kurang adekuat

Tujuan
1) Jangka panjang
Klien memperlihatkan keinginan untuk mematuhi rencana pemeliharaan di rumah sakit sesuai dengan yang ditentukan
2) Jangka pendek
Klien mengetahui tentang kondisi pelaksanaan terapeutik
Kriteria evaluasi
• Pengertian tentang keadaan klien dan rencana perawatannya yang disampaikan dengan lisan
• Melaksanakan keterampilan pemeliharaan kesehatan secara benar
• Mengerti tentang hubungan antara keadaan skit dan pengobatan yang disampaikan secara lisan
• Mengungkapkan kepuasan dengan rencana pemeliharaan dirumah

INTERVENSI RASIONAL
 Pertahankan klien mendapat informasi tentang hasil glukosa darah, jelaskan makna hasil dalam hubunan dengan terapi
 Ajarkan perawatan kaki yang tepat

 Bantu dalam perencanaan program latihan reguler yang dapat dengan mudah dikerjakan dalam rutinitas harian, jelaskan keuntungan dari latihan


 Tentukan tujuan harapan dari klien atau keluarga




 Jelaskan dasar gejala-gejala hipoglikemi akibat dari stimulasi sistem syaraf simpatis dalam respon terhadap penurunana glukosa adalah sumber energi utama untuk otak
 Ajarkan klien tentang faktor-faktor yang diketahui menyebabkan hipoglikemi masukan makana tak adekuat, kelebihan insulin, menekankan pentingnya makan tiga kali sehari  Untuk mendorong klien terlibat dalam melaksanakan tanggung jawab untuk perawatan diri

 Untuk mempertahankan integritas kulit dan menurunkan resiko amputasi
 Untuk alasan yang tidak jelas latihan memudahakan ambilan seluler dan glukosa sehingga menurunkan kadar glukosa darah, juga memudahkan penurunan berat badan dan menurunkan resiko arterosklerosis
 Hipoglikemi adalah masalah umum yang dapat diatasi berkenaan dengan terapi insulin dan hipoglikemi oral, dibiarkan tak teratasi dapat menyebabkan kejang, koma dan kematian
 Makin banyak klien memahami kondisi mereka dan dapat mengantisipasi potensial masalah, makin mungkin mereka memahami program terapeutik
 Untuk meminimalkan resiko episodr hipoglikemi



g. Infeksi, resiko tinggi terhadap (sepsis) berhubunga dengan
 Kadar gluko tinggi penurunan fungsi leukosit, perubahan pada sirkulasi
 Infeksi pernafasan yang ada sebelumnya atau ISK

Tujuan
1) Jangka panjang : Integritas kulit dapat dipertahankan
2) Jangka pendek
Keadaan kulit tetap utuh pada daerah yang mengalami gangguan dengan kriteria ;
o Kulit yang mengalami lesi tetap bersih dan memperlihatkan tanda-tanda penyembuhan
o Pasien/orang terdekat mempertahankan perawatan kulit yang tepat
o Sirkulasi ke integumen adekuat
Kriteria evaluasi
• Mengidentifikasikan intervensi untuk mencegah/menurunkan resiko infeksi
• Mendemontrasikan tehnik, perubahan gaya hidup untukmmencegah terjadinya infeksi

INTERVENSI RASIONAL
 Observasi tanda-tanda infeksi dan peradangan seperti demam, kemerahan, adanya pus pada luka, sputum purulen, urine warna keruh atau berkabut
 Tingkatkan upaya pencegah dengan melakukan cuci tangan yang baik pada semua orang yang berhubungan dengan klien termasuk klien sendiri
 Pertahankan tehnik aseptik pada prosedur invasif, pemberian abat intravenadan memberikan perawatan pemeliharaan lakukan pengobatan melalui IV sesuai indikasi
 Berikan perawatan kulit dengan teratur dan sungguh-sungguh masase daerah tulang tetap kering, linen dan tetap kencang
 Anjurkan untuk makan dan minum adekuat (pemasukan makanan dan cairan yang adekuat) kira-kira 3000ml/hari jika tidak ada kontra indikasi



 Berikan obat antibiotik yang sesuai  Klien mungkin masuk dengan infeksi yang biasanya telah mencetuskan keadaan ketoasidosis atau dapat mengalami infeksi nosokomial
 Kadar glukosa yang tinggi dalam darah menjadi media terbaik bagi pertumbuhan kuman

 Kadar glukosa yang tinggi dalam darah akan menjadi media terbaik bagi pertumbuhan kuman


 Sirkulasi perifer bisa terganggu yang menempatkan klien pada peningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada kulit/iritasi kulit dan infeksi
 Menurunkan kemungkian terjadinya infeksi, meningkatkan aliran urin untuk mencegah urine statis dan membantu dalam mempertahankan pH/keasaman urine yang menurunkan pertumbuhan bakteri dan mengeluarkan organisme dari sistem organ tersebut
 Penangan awal dapat membantu mencegah timbulnya sepsis

3. Pelaksanaan (implementasi)
Implementasi merupakan kegiatan yang dilakukan perawatan atau klien dalam mencegah penyakit atau komplikasi, meningkatkan, mempertahankan atau memperbaiki kesehatannya. Kegiatan pelaksanaan meliputi ;
a. Melakukan aktivitas langsung klien
b. Membantu klien untuk melakukan aktivitas
c. Mensupervisi klien / keluarga ketika melakukan aktivitas sendiri
d. Memberikan konseling pada klien/ keluarga dalam menentukan pilihannya mencari, menggunakan sumber-sumber yang tersedia
e. Mengajarkan klien atau mengkaji keluarga tentang perawatan kesehatan
f. Membantu atau mengkaji adanya komplikasi dari penyakit


4. Evaluasi
Selam tahap ini akan ditentukan perencanaan yang telah ditetapka berhasil baik. Dinilai berhasil apabila tujuan dan perancanaan telah tercapai, disamping itu juga membantu untuk memperbaiki perencanaan tujuan dan mengkaji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan, tujuan dan kriteria.

0 komentar:

Posting Komentar